Rabu, 19 Oktober 2011

Persaingan smartphone Android VS Blackberry tidak membuat pemiliknya bersaing untuk lebih smart



Jika ditanya Handphone apakah yang kamu anda beli saat ini? Pasti kebanyakan dari kalian akan menjawab Android atau Blackberry. Ya, dua vendor ini memang lagi bersaing sengit dipasaran. Menurut data statistik bulan Juni 2011, iOS keluaran Apple memang lebih unggul dibanding android maupun blackberry. Namun di Indonesia pengguna iOS jumlahnya masih dibawah android atau blackberry, itu karena harga produk Apple selalu lebih mahal dibanding harga handphone android atau blackberry. Sehingga persaingan handphone di Indonesia dikuasai oleh android dan blackbery. Untuk itu mari kita bahas mengapa Android dan Blackberry begitu digemari pecinta gadget Indonesia.

Pertama kita bahas dulu dari Blackberry. Kebanyakan alasan kenapa orang menggunakan blackberry adalah karena biar bisa BBMan sama teman-teman dan pacar, atau biar keliatan gaul. Ya, itulah salah satu penyakit orang Indonesia, konsumtif. Mereka membeli barang tanpa melihat sisi kebutuhannya. Berapa banyak orang yang mengoptimalkan penggunaan blackberry seperti push e-mail, pdf-reader atau word processor. Pasti jarang sekali karena masih banyak mahasiswa yang ngetik tugas di rental komputer, padahal mereka bisa mengerjakan dari Handphone BBnya. Ya, tapi apa mau dikata. Blackberry kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.

Dibanding blackberry, bagi orang awam mungkin agak asing dengan Android. Ya, karena android baru booming 2 tahun belakangan ini. Selain itu Interface Android juga lebih susah digunakan dibanding Blackberry. Namun apa yang membuat orang-orang memilih Handphone android ketimbang blackberry, pasti kebanyakan menjawab karena gamenya. Atau bahasa kasarnya karena di Android dapat memainkan game Angry Bird sedangkan di blackberry tidak bisa. Memang kebaikan Google membuat OS Android ini sebagai OS yang Open Source menjadikan banyaknya developer membuat aplikasi untuk OS ini. Terutama dibidang game. Jika anda tinggal membuka fitur Android Market, maka anda bisa mendapatkan jutaan game atau aplikasi

Android secara gratis. Selain itu, karena Open Source, maka banyak vendor-vendor yang menggunakan Android sebagai OSnya, seperti Samsung, Sony Ericsson, berbagai macam handphone cina dan mungkin Motorolla yang dimasa mendatang akan menguasai pasar Android karena Google telah membeli Licensenya. Tapi lagi-lagi penyakit orang Indonesia ada disini. Mereka menggunakan handphone Android hanya untuk browsing, chatting atau game saja. Mereka tidak memanfaatkan Open Source nya Android. Padahal jika dicustomize, kita dapat merubah tampilan OS ini, atau bahkan membuat OS baru dari OS Android ini.

Ternyata pengguna Handphone di Indonesia tidak sepintar Handphone yang digunakannya. Kalau seperti ini lama-lama kita bisa dibodohi oleh kepintaran sebuah Gadget. Jika seperti itu, dimana harga diri manusia? Masa' sama benda mati saja kalah pintar. Menurut saya apapun Handphonenya, yang penting manusianya harus lebih pintar dari handphonenya. Tapi jujur, saya lebih suka Android, karena biaya langganan internetnya lebih murah daripada langganan internet blackberry.


http://ayhacahaya.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar